• INFOPERKARAANDA
  • JADWALSIDANG
  • PUTUSANPENGADILAN
  • PRODEO
  • INFOKEUANGANPERKARAANDA
  • LAYANANPENGADUAN
  • MAINPAGENEW 12
  • MAINPAGENEW 14

Gallery Kegiatan Pengadilan Agama Kelas 1 A Purwodadi

Pelantikan Pejabat

 

PELANTIKAN PEJABAT

SEKRETARIS DAN KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN

PENGADILAN AGAMA 1A PURWODADI

 

a

Rabu, 26 Juli 2017 M/30 Syawwal 1438 H

   Ketua Pengadilan Agama Purwoadadi Drs. H. Toha Mansyur, S.H.,M.H. Senin (24/07/2017) jam 13:00 WIB telah mengambil sumpah dan melantik Sekretaris Pengadilan Agama Purwodadi yang baru Ali Choemaedi, S.H. berdasarkan Surat Keputusan dari Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 42B/SEK/KP.I/SK/IV/2017, tanggal 03 April 2017, menggantikan Hj. Laila Istiadzah, S.H. Ketua juga melantik Ghufron, S.HI. berdasarkan Surat Keputusan dari Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 42B/SEK/KP.I/SK/IV/2017, tanggal 03 April 2017 sebagai Kepala Sub Bagian  Umum dan Keuangan Pengadilan Agama  Klas I A Purwodadi. Ali Choemaedi, S.H. sebelumnya merupakan Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah sedangkan Ghufron, S.H.I. promosi dari Kepala Sub Bagian umum dan Keuangan Pengadilan Agama Jepara menggantikan Yusuf Rusli, S.H. telah purna tugas.

 Upacara pelantikan berlangsung khidmat dipandu oleh pembawa Acara Faradhillah Nafisatul Ula, dilanjutkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Siti Noviana Sholihatun.

d

Prosesi pelantikan dilaksanakan di ruang pertemuan  Kantor Pengadilan Agama Kelas I A. Purwodadi,  bertindak selaku saksi adalah Sunarto, S. Sos. M.H. dan  Noor Edi Chamali, S.H. M.H. keduanya merupakan Panitera Muda dan Panitera Pengganti Senior di lingkungan Pengadilan Agama I. A. Purwodadi sementara bertindak sebagai rohaniwan adalah Drs. Wakiruddin Panitera Muda  Permohonan Pengadilan Agama Kelas I A Purwodadi .

Upacara pelantikan selain dihadiri oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Kelas I A Purwodadi juga dihadiri oleh rombongan dari Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah berjumlah sepuluh orang, dan rombongan dari Pengadilan Agama Kab. Jepara. Rombongan dari dan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah dan Pengadilan Agama Kab. Jepara  tiba di Pengadilan Agama Purwodadi sekitar pukul  10:30 WIB rombongan langsung diterima oleh ketua Pengadilan Agama Purwodadi dan  Panitera yang memang sedari pagi sudah menunggu kedatangan rombongan dari Pengadilan Agama Kab. Jepara dan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah.

b

Dalam sambutan perkenalannya, Ali Chumaidi S.H. yangdidampingi Isteri menceritakan perjalanan karirnya, dimulai dari bawah menjadi tenaga Honorer di tahun 1992 sampai 1 Desember 2002 dan 1 April 2002 diangkat sebagai PNS, sejak 2 September 2006 diangkat menjadi Kasub. Bag. Pengadilan Agama Brebes, lima tahun kemudian menjadi wakil sekretaris Pengadilan Agama Batang, 4 tahun kemudian  sejak 23 September  2009 menjadi Kasub Kepegawaian dan Teknologi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah selama 1 tahun 7 bulan.

Sambutan kedua, disampaikan oleh Ghufron,S.H.I, yang mengatakan bahwa acara pelantikan ini sebagai ajang Shilaturrahmi bergabung menjadi keluarga besar Pengadilan Agama Purwodadi, selanjutnya menceritakan perjalanan karirnya, mulai memasuki dunia peradilan  hampir sama dengan Sekretaris,  dari tenaga honorer pada tahun 2002 dan di tahun 2005 mengikuti tes CPNS yang saat itu masih menggunakan ijazah Aliyah, dilantik menjadi PNS tahun 2007 pada saat masih kuliyah dan belum lulus.  Setelah lulus kuliah pada tahun 2011 selesai kuliah, dan penyesuain ijazah di tahun 2013, saat itu telah menduduki Kepala Urusan Umum. Ketika terjadi perubahan struktural Sekretaris menjabat di kasubag umum dan keuangan cukup lama yang kebetulan kosong sehingga terpaksa menghandel tugas-tugas wasek dan dapat selesai dengan baik.

Menurut Ghufron,S.H.I, tugas bagian umum sendiri cukup banyak dan berat masih ditambah dengan bagian keuangan jadi satu. Karena itu ia mengharap keluarga besar PA Purwodadi, utamanya Ketua Pengadilan Agama dan wakil Ketua Pengadilan Agama, untuk dapat memberi bantuan dan bimbingan karena tanpa dukungan dan bimbingan tersebut tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik, karena dari hasil tes psikolog ia mengaku, kadang-kadang mempunyai sifat emosi yang tidak  terkontrol terutama bila sedang bekerja dan berbicara seenaknya dan kadang menyakitkan hati. 

f

 

Acara dilanjutkan pembinaan dari  Ketua Pengadilan Agama Purwodadi, dengan terlebih dahulu diberikan  selingan dengan memanggil team pengucap  visi dan misi Pengadilan Agama Purwodadi dan yelyel  tepuk MA dan tepuk PA Purwodadi.

 

e c

Ketua Pengadilan Agama Purwodadi Drs.H. Toha Mansyur, S.H, M.H, setelah memberi pengantar  dan mengucapkan selamat atas pengambilan sumpah dan pelantikan Ali Choemaedi,S.H. sebagai sekretaris, dan  Ghufron,S.H.I. sebagai Kasubbag Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Purwodadi menjelaskan rencana semula pelantikan akan dilaksanakan besuk Jum’at 28 Juli 2017,  diajukan hari ini dengan pertimbangan agar  Sekretaris tidak lama kosong, bahkan untuk Kasubag Umum dan Keuangan ini malah sudah kosong sejak bulan Pebruari 2017, bahkan Kasubag Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana sudah kosong sejak bulan Nopember 2016. Menurut hasil TPM seharusnya yang saya lantik hari ini adalah tiga orang, Ali Choemaedi,S.H., Ghufron,S.H.I. dan yang dari Blora namanya Heru sebagai Kasubag Kepegawaian, saya tidak tahu mengapa Sknya tidak turun. Meskipun Kasubag Kepegawaian sementara kosong, namun saya optimis urusan yang terkait dengan kepegawaian tidak sampai terbengkelai, karena kebetulan Ali Choemaedi,S.H., ini sebelumnya adalah kasubag kepegawaian PTA;

Menurut Ketua Ali Choemaedi,S.H. dan Ghufron,S.H.I., adalah orang yang cukup berpengalaman di bidangnya masing-masing, karenanya saya tidak akan memberikan pengarahan apapun, kecuali hanya mau menyampaian tiga hal :

  1. Sebagai sekretaris dan Kasubag Umum dan Keuangan silahkan baca Perma Nomor 7 tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan Peradilan pasal 308 – 314;
  2. Memperkenalkan visi dan misi PA Purwodadi, yakni :  Misi PA Purwodadi intinya ada tiga : Membangun SDM yang berkualitas, Memberikan pelayanan dengan sepenuh hati, dan Perbaikan di segala bidang; Misi tersebut tidak hanya dihafal, tapi harus kita amalkan dan diimplementasikan, dan sudah kita mulai dari meja satu;
  3. Pengadilan Agama Purwodadi  mempunyai mimpi sebagai BRI ( Bersih, Rapi, Indah). Dan sekarang ini belum BRI sepenuhnya, baru pada capaian sekitar 80% dan  yang 20% inilah tugas Ali Choemaedi,S.H. dan Ghufron,S.H.I.

Ketua Pengadilan Agama Purwodadi juga berharap kepada Sekretaris yang baru agar dapat bersinergi karena semua unsur pimpinan sudah lengkap, sehingga diharapkan kinerja pengadilan agama Purwodadi semakin solid dan bersinergi satu sama lain, sehingga Pengadilan Agama Purwodadi dikenal dalam lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah.

Rapim  (rapat pimpinan) di Purwodadi diadakan seminggu sekali, setiap hari Kamis, pada saat-saat tertentu diadakan pada hari Rabu atau Selasa, yang dikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris.  Karena itu meskipun bagian Organisasi dan Tata Laksana kosong, oleh karena Sekretaris  pernah menjabat di Kasubag Kepegawaian, maka dapat menghendel, sehingga ketua berpendapat lebih optimis untuk memajukan Pengadilan Agama Purwodadi dengan alasan pejabatnya semakin lengkap dan solid ditambah apresiasi dan komentar dan rekan KPA dilingkungan Jawa Tengah, yang menyatakan bahwa Pengadilan Agama Purwodadi ini nanti akan semakin solid dan diberi acungan jempol (ibu jari) untuk itu, dengan kehadiran dua pejabat tersebut,dan menjadi tugas saudara berdua untuk membuktikannya, demikian juga dalam sejarah Pengadilan Agama Purwodadi melantik mantan pegawai PTA. demikian amanat beliau dalam kesempatan tersebut.

g

Acara pelantikan diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Drs. H. Khabib Sholeh, S.H., M.H. Hakim Pengadilan Agama Purwodadi, yang pada initinya bahwa Sebagai hamba yang telah menikmati anugerah dari Allah SWT yang sebenarnya adalah senantiasa memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan,  agar dimudahkan segala urusan, dan sebagai hamba yang banyak kebutuhan yang hanya dapat dipenuhi oleh Allah sendiri dzat yang Maha Mengetahui lagi Maha melihat akan kebutuhan kita. Selanjutnya acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari seluruh hadirin yang hadir .(Srj)