• INFOPERKARAANDA
  • JADWALSIDANG
  • PUTUSANPENGADILAN
  • PRODEO
  • INFOKEUANGANPERKARAANDA
  • LAYANANPENGADUAN
  • MAINPAGENEW 12
  • MAINPAGENEW 14

Gallery Kegiatan Pengadilan Agama Kelas 1 A Purwodadi

Pengenalan sapm di pengadilan agama Purwodadi

Rabu tanggal 28 Maret 2018 acara coffee morning PA Purwodadi periode ke-2 memaparkan  terkait dengan SAPM (Sertifikasi Akreditsi Penjaminan Mutu). Nara sumber pada Coffe Morning kali ini adalah Drs. Suraji, MH., Hakim Pengadilan Agama Purwodadi.Mater ini dimaksudkan agar Pegawai Pengadilan Agama Purwodadi mengenal lebih dekat tentang SAPM yang diemplementasikan di Pengadilan Agama Purwodadi sebagai jajaran Pengadilan dibawah Mahkamah Agung yang  untuk merealisasikan Penjaminan guna meraih mutu yang terbaik (ihsan) dengan mengoptimalkan usaha dengan potensi dan SDM yang ada untuk yang selanjutnya mencapai tujuan dalam mengemban visi dan missi yang telah ditetapkan, “bersama-sama melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi yang terbaik”.

Ketua dalam sambutannya menyampaikan sebagai berikut :

Pertama,  adanya perubahann jam kerja masuk kantor pukul 08.00, WIB tetapi khusus menjadi pukul 07.30 WIB.  

Kedua, materi  dalam hal ini, SAPM adalah Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu, tetapi kalau dibaca dari belakang akan berbunyi : “Mutu kualitas pelayanan Purwodadi dijamin melalui sertifikasi atau Akreditasi”. Penilaian obyek eksternal akan dilakukan secara bersama oleh Badilag dan PTA  sedangkan yang dilakukan  oleh pak Suraji dan teman-teman , adalah penilaian secara internal. Untuk itu semua pegawai di jajaran Pengadilan Aagama  diharapkan  tahu SAPM meskipun secara  sepintas. Karena dalam melayani harus  dengan sopan dan santun, akan mendapatkan sertifikasi. Seperti halnya denganmenggunakan instrumen  SIPP  sebagai sarana pendukung , Tim IT PA Purwodadi  telah membentuk  2 Grup  WA, karenanya  dengan pekerjaan kantor, “Grup SIPP”, dan kaitan lainnya “Grup Coffe bereak” seperti  terkait dengan laporan bulanan yang dikirimkan dalam SIPP pendukung, terdapat “materai putusan” sudah keluar namun belum dilaporkan dalam SIPP, Juga ada perkara putus belum minutasi. Hal ini diharapkan untuk menjadi perhatian, dalam hal ini, tenggang waktu 2 - 3 hari, hal tersebut masih dapat dimaklumi.

Lebih lanjut, pak Suraji menjelaskan bahwa SAPM sejalan dengan Reformasi Birokrasi  dan ISO.  Dari segi Managgerial pendukungan terencana dengan  baik terkesan kepemimpinan  (menagerial) “Memeneg By Accident (menata setelah ada kecelakaan/kejadian salah atu kekurangan) untuk itu perlu ditingkatkan menjadi tingkat Menegemen Bay Antisipation) dan tingkat ketiga yaitu menumbuh kembangkan budaya kerja SDM (Managemen Bay Basic Personality). Dan Pengadilan Agama Purwodadi telah menerima sertifikat ISO pada tahun 2016, sehingga akan mudah meraih predikat SAPM.

SAPM pada pokoknya menegarahkan, membimbing agar pekerjaan sesuai dengan atasan, mekanisme yang ada dalam SAPM, selanjutnya mengadakan “penilaian” pekerjaan melalui asismen internal, oleh Assesoir PA  Purwodadi selanjutnya  penilaian eksternal dari PTA Semarang dan yang mempunyai sertifikat baru ada satu yaitu pak. Sutris, SH. Adapun  tahapan-tahapan yang ditempuh adalah komitmen tanda tangan oleh seluruh Pegawai  PA Purwodadi, disusul dengan peng-eska-an Team SAPM oleh  Ketua PA. Yang dalam hal ini sebagai Ketua SAPM adalah bu Wakil Ketua. kemudian disusul lagi dengan pembentukan kebijakan mutu, sasara mutu ada visi misi termasuk yel-yel SAPM” dalam rangkan mewujudkan SAPM.

Paparan materi dilengkapi dengan kesekretaritan yang disampaikan oleh pak Ghufron, SH., kuhsusnya dalam kaitan dengan pengumpulan dokumen yang dibutuhkan yang jumlahnya mencapai ratusan dokumen. Dan sistem yang dibangun perlu disederhanakan, semua pegawai dapat memberikan masukan, serta membutuhkan kerja keras dan ditunutut kerja cerdas.(Azz).