• INFOPERKARAANDA
  • JADWALSIDANG
  • PUTUSANPENGADILAN
  • PRODEO
  • INFOKEUANGANPERKARAANDA
  • LAYANANPENGADUAN
  • MAINPAGENEW 12
  • MAINPAGENEW 14

Gallery Kegiatan Pengadilan Agama Kelas 1 A Purwodadi

PELEPASAN dan Pembinaan Hakim/Pegawai

PURNA TUGAS HAKIM PENGADILAN AGAMA PURWODADI

    Ketua Pengadilan Agama Purwoadadi Drs. H. Toha Mansyur, SH.,MH. Pada hari Kamis (29/03/2018) melepas Drs. H. ANWAR SANUSI HASAN,MH. sebagai Hakim Pengadilan Agama Purwodadi. IMG 2299

Upacara pelepasan berlangsung khidmat dimulai dengan pembukaan dengan membacaan ummul kitab, dipimpin oleh pembawa Acara, Faradillah NU, dilanjutkan penyampaian Kata-kata Pamitan hakim yang  purna tugas dilanjutkan pesan dan kesan oleh Drs. H. Hamdani, SH.MH. yang  diikuti dengan Pembinaan dari  Ketua Pengadilan Agama Purwodadi.

Acara tersebut dihidmatkan dengan kesyahduan lagu perpisahan di ruang pertemuan utama Kantor Pengadilan Agama Kelas I A. Purwodadi, sehingga pantas untuk diucapkan selamat jalan dari abdi (pelayanan) negara  kepada abdi Masyarakat, untuk menuju jenjang jabatan yang lebih tinggi (mandito) dan selamat sukses husnul khatimah dalam mengakhiri tugas dan kewajiban sebagai Pejabat dan Pegawai Negeri Sipil.

IMG 2316

IMG 2323

Acara Pelepasan dihadiri oleh seluruh Hakim dan Pejabat Kepaniteraan , kesekretaritan  serta pegawai honorer Pengadilan Agama Kelas I A Purwodadi didahului  dengan prosesi pelepasan toga dan lencana oleh Ketua Pengadilan agama yang diiringi hakim–hakim yang lain. Acara tersebut  cukup menyentuh hati sanubari yang mendalam,  yang dipersiapkan panitia yang dikomandani langsung oleh ketua dan Panitera. Acara pelepasan diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Drs. H. Parsid, MH. Hakim Pengadilan Agama Purwodadi,  dilanjutkan dengan pemberian cendera mata dan ucapan selamat dari seluruh hadirin yang hadir .

Dalam sambutannya, Drs. H. ANWAR SANUSI HASAN,MH.  menyampaikan rasa syukur  beliau dan bahagia karena acara dapat berjalan dengan lancar dan penuh hidmad. Jabatan  Hakim dirasakan oleh beliau, sebagai nikmat yang besar semoga melimpahkan taufiq hidayah, dengan harapan mendapat naungan pada hari tidak ada pentutup yang diberikan Allah selain melalui liwaur Rasulullah saw. (bendera Rasulullah) . di Pengadilan Agama Purwodadi ini  beliau beretugas selama 1 tahun 5  bulan 15 hari, yang namanya manusia tidak ada yang sempurna, selalu betul terus memang diciptakan sejak awal banyak pakai celana dan kemeja, salah dan kelupaan bawaan manusia meskipun demikian kita dibuat sebagai makhluk yang paling sempurna, yang dibantah Malaikat.

IMG 2336

Karena itu, bagi yang masih diberi amanat kesempatan untuk bekerja di pemerintahan  diharapkan bersemangat dalam melaksanakan tugas dan tidak mengatur tapi diatur, karena sudah  ada yang  mengatur yaitu pimpinan, baik hakim Juru Sita Pengganti sampai paitera dan sekertaris sesuai dengan aturan. Hal tersebut kelhiatannya mudah  tapi kadang terlupakan, karena dimungkinkan bekerja kurang maksimal. Maka untuk memaksimalkan tersebut pada akhir-akhir ini ditunjang dengan akreditasi bekerja sampai malam jam 22.30 untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk, sehingga sudah   1 ½ bulan  memberikan kepositifan dalam pekerjaan pada Pengadilan Agama Purwodadi. Alhamdulillah berkat dorongan  yang positif oleh Ketua dan Wakil ketua  serta bantuan teman-teman  terutama anggota majelis dan Panitera Pengganti dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Untuk itu diucapkan terima kasih kepada semuanya, dan  6 perkara sisa yang dilimpahkan  kepada Pak Iswandi, mudah-mudahan diberikan kekuatan untuk menyelesaikan.

Yang paling susah dalam menyelesaikan tugas menurut Drs. Anwar S, adalah adanya “Hamm” (kabut), karena hati itu dibutuhkan “nur” agar memberikan pancaran yang positif dalam kehidupan kita. Oleh karena itu kepada semua karyawan semua mohon maaf, pulang tidak membawa apa-apa, kecuali ilmu yang dapat dikembangkan  dalam mengabdikan diri dalam masyarakat, melalui pengajian yang sudah lama ditinggalkan, diharapkan  dimulai kembali yang sangat diharapkan masyarakat, dan baru sekarang mempunyai banyak waktu luang.

Selanjutnya kesan dan pesan disampaikan oleh, Drs. H. Hamdani, SH. M.H, yang menekankan bahwa purna tugas dan mutasi merupakan hal yang selalu dialami oleh seluruh hakim/pegawai, semuanya akan mengalami purna sebagaimana Pak Anwar  yang sudah 40 tahun sejak tahun 1978. Dari kajen ke Semarang, orangnya dermawan, loman. Yang kebetulan  istrinya sama  istri satu kost, memang  masih bersaudara.  Disamping itu tetap legawa meski  teman berdua jadi orang besar Anggota DPR dan Mentri Sosial,  pernah dimarahi ketika  pindah dari Boyolali ke Sengkang kabupaten  akhirnya pindah ke Pati, pak Anwar tidak pernah marah, bahkan jajan (shadaqah) mengalir terus,  yang menjadikan beliau lebih ceria dari pada ketika awal-awal datang. Untuk itu  jaga kesehatan, lain halnya ketika di Lamongan sering sakti-sakitan di sini  sudah kelihatan sehat benar. Karena itu dipesan beberapa hal sebagaimana tersebut kitab “Asbah wan nazhair”, sebagai berikut :

IMG 2347

Pertama,  “الرضى بشيء رضى بما يتولد به”  yang berarati “berani  menerima  sesuatu bararti juga haurs berani menerima konsekwensinya,  berani menerima gaji yang 25 juta maka konsekuensinya berani juga menerima gaji pensiun menjadi 5 juta  setiap bulan, sebagai fithrah dari Allah  menerima sesuatu. Seperti halnya juga kaidah lain “الأمر بشيئ امر بوسائله”,  mau memerintahkan kuliyah, maka harus mau membiayai;

Kedua, Jaga kesehatan dan shadaqah,  niscaya akan selamat dunia akhirat.

Dalam sambutannya Ketua PA Purwodadi Drs. Toha Mansyur mengutarakan Perasaan terharu, hampir meneteskan air mata karena untuk pertama kali di Purwodadi dilakukan hal tersebut,. Hal ini mengingatakan kata-kata “orang itu tergantung dengan amalnya”(ngunduh wohing pakarti). Kehidmatan tersebut tidak pernah terpikirkan,  ada panitera sekretaris ide dari ketua  di ruangan, bekerja puluhan tahun pensiun pulang tidak apa, ditawarkan juga memanggil  pak Zuhdi, lencananya , tidak sesakral dan nikmat, masuk ada lantunan musik “kebogiro instrumental”, dan sewaktu melepas diiringi lagu syukur (ide dari bu Dlohwah) dan fotonya  dikumentasikan dan diabadikan  dalam salah satu kalender yang akan datang.

IMG 2353

Acara tersebut sebagai bid’ah hasanah, acara yang pertama kali ini dan  akan dberlaku unt hakim yang purna berikutnya nanti dilaksanakn termasuk teman-teman di kepegawaian, penitera Pengganti pak  Jamhuri pada bulan mei 2018  karena pegawai yang Purna bukan perpisahan tapi  pelepasan.

Terkesan disiplin, ketika lapor beliau minta tolong dilantik hari ini juga, terkejut karena masih dalam kondisi  kurang sehat, ada teman lain pak sujadi, pak Nasikun, saking semangatnya sebagai positif thinking, lebih cerah sekarang dari ketika datang  apalagi nanti  ketika sudah pensiun. Kedua wakil menyediakan kursi dibawah  sekretariat tempat pak Nashruddin, tapi  tidak  mau dan minta  dibersamakan dengan kawan-kawan hakim. Semangat waktu kantor mengadakan acara Ghatering  telaga ke sarangan sekeluarga,  meski sakit jasmaninya/fisiknya namun tetap sehat  psikis/jiwanya, kerja tidak males-malesan, setiap masuk ruang hakim sudah  ada meski jam berapapun. Sering diingatkan, absen  kok tidak ditempat masak mengingatkan terus,  kalau tidak ada, kemungkinan sedang mengerjakan shalat dluha, atau yang lain. Orang paling rajin bertanya khususnya pada acara kopi morning, sehingga patut pengadilan merasa kehilangan sebagai sosok hakim teladan.

Mengantar beliau, setelah acara perwakilan dari hakim dan acara tanggal 4 April 2018 pengajian “Padangati” dan terakhir minta maaf, atas nama pribadi pimpinan selama bergaul kurang lebih 1  ½ ada kekurangan hal-hal yang tidak berkenan bersama teman-teman tidak ada apa-apa, normal, selamat Pindah dari Pengabdian kepada Negara  kepada Pengabdian kepada Masyarakat. .(Azz).

`Purwodadi, 29 Maret  2018