• INFOPERKARAANDA
  • JADWALSIDANG
  • PUTUSANPENGADILAN
  • PRODEO
  • INFOKEUANGANPERKARAANDA
  • LAYANANPENGADUAN
  • MAINPAGENEW 12
  • MAINPAGENEW 14

Gallery Kegiatan Pengadilan Agama Kelas 1 A Purwodadi

Berkolaborasi Melalui Terangnya Hati Membawa Hikmah

 

 

3

Pak Samarul yakin bila kewajiban shalat tidak disangsikan lagi, namun  untuk merasakan nikmatnya shalat masih perlu banyak belajar dari pengalaman-pengalaman para ustadz/mursyid, maka bagi mereka yang sudah merasa butuh akan shalat  tidak lagi memikirkan syarat dan rukunnya lagi tapi sudah lebih meningkat kepada merasakan manisnya shalat. Bahkan konsentrasi dalam shalat  shahabat Ali ra. Tidak merasakan lagi panah yang tertancap yang dicabut dari badannya, sedangkan bagi kita masih mendengar tangisnya bayi ketika menunaikan shalat. Kekhusyu’an semacam tersebut tidak dirasakan bagi mereka yang merasa berat melaksanakannya. Hal inilah yang  dimaksud al-Qur’an surat  al-Baqarah (2) ayat : 45-46.

 

2 4

Untuk  menuju kepada Tuhan perlu ada bimbingan guru/ustadz/mursyid dalam melaksnakan peribadatan dan pendekatan-pendakatan. Untuk menjatuhkan pilihan ustadz/mursyidnya Ibnu Katsir ketika menafsirkan Surat al- Fathir ayat 28 memberikan 3 alternatif, yakni :

  1. (العالم بالله فقط),
  2. (العالم باحكام الله),
    1. (العالم بالله واحكام الله)yang mengerti terhadap Allah dan mengerti terhadap  hukum-hukum Allah, secara seimbang.Alim  terhadap hukum syariat sekaligus takut kalau melanggar aturan Allah ta’al, jadi pinter saja tidak pinter billah, bodo tidak apa tapi takut pada Allah.

Maka untuk memilih guru/ustadz harus pandai-pandai yang dapat mendekatakan hati kepada Allah.

Kehadiran rombongan PA Blora bukan hanya membawa hikmah bagi tambahnya semangat kawan-kawan di PA Purwodadi untuk nguri-uri pengajian Padang Ati, tetapi juga  membawa rizki yang cukup banyak berupa makan malam dan jajanan. Dra. Hj. Malihadza (Wakil Ketua  PA Blora) adalah host dari  pertemuan shilaturrahmi ini. Meski sudah mutasi ke Blora tetapi hatinya tetap di Purwodadi.

Inilah barangkali  salah satu hikmah Romadlan karena sebagaimana disampaikan Drs.  Toha Mansyur di antara tanda diterimanya puasa kita adalah  pada bulan Syawwal dan seterusnya orang semakin gemar beramal shalih. (Azz)