Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Purwodadi | Media Informasi dan Transparansi Peradilan # Kegembiraan telah datang dengan hari kelahiran sang penunjuk jalan yang lurus | Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W. 12 Rabiul Awal 1440 H.

AnalysisTelusuri serta awasi jalannya proses penyelesaian perkara anda 

Pelayanan Terpadu Sidang Itsbat Nikah di Pendopo Grobogan

     Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan dan Pengadilan Agama Purwodadi Kelas I A bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Grobogan dan Dispendukcapil Grobogan menyelenggarakan Itsbat Nikah Terpadu pada hari Rabu (28 November 2018) di Pendopo Pemda Grobogan, yang diikuti sebanyak 21 pasangan suami isteri yang belum memiliki bukti akta nikah.

     Program itsbat nikah gratis yang diluncurkan sejak 2016 ternyata sejauh ini masih belum memenuhi target yang ditetapkan. Hal tersebut  disampaikan oleh Kabag Hukum Pemkab Grobogan Fachruddin dalam acara pembukaan  pelayanan terpadu sidang keliling itsbat nikah tahun 2018. Menurutnya, peserta itsbat nikah secara gratis ini ditarget hanya 60 pasangan tiap tahun. Namun, pada pelaksanaan tahun 2016 dan 2017, pesertanya hanya berkisar 30 pasangan. Sedangkan pada tahun 2018 ini, pesertanya hanya 21 pasangan saja. Lebih lanjut Fachruddin menjelaskan, “Target kita sebenarnya tidak banyak. Tiap tahun kita tetapkan ada 60 pasangan yang mengikuti itsbat nikah gratis.”

1

     Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam sambutannya juga menegaskan bahwa jika melihat data yang ada, peserta itsbat nikah sebenarnya bisa dimaksimalkan. Soalnya, sejauh ini masih ada 4.662 anak yang hanya memiliki akte nama ibu tanpa mencatumkan nama ayahnya. Tidak tercantumnya nama ayah ini, salah satunya disebabkan pasangan tersebut dulunya menikah secara agama atau siri sehingga perkawinannya tidak tercatat pemerintah alias tidak punya buku nikah.

2

     “Saya minta agar semua instansi terkait untuk lebih pro aktif pada masalah ini. Apabila ada warga disekitarnya yang sudah menikah secara agama saja, hendaknya didorong untuk ikut program ini. Dengan demikian, pasangan itu nantinya bisa dapat buku nikah dan akte kelahiran anaknya akan tercantum nama kedua orang tuanya,” jelas wanita peraih Women's Obsession Award 2018 ini.

3

     Untuk pasangan yang ingin mengikuti program ini harus melalui proses pendaftaran dan verifikasi. Setelah terverifikasi, pasangan tersebut akan menjalani sidang untuk mendapatkan penetapan dari Pengadilan Agama. Adapun verifikasi yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Purwodadi sangat hati-hati dalam pemeriksaan data identitas ataupun menghindari oknum yang terindikasi isbat nikah terselubung (untuk tujuan tertentu). Oleh sebab itu, hanya ada 21 pasangan suami isteri yang lolos verifikasi.

4

     Pelayanan Sidang Itsbat dilaksanakan oleh 4 hakim tunggal masing-masing Dra. Hj. Nur Hidayati, Drs. H. Machmud, SH.,MH, Drs. H. Parsid, M.H. dan Drs. H. Ma'mun Azhar, SH.,MH serta dibantu empat orang panitera pengganti. (A. Chintya)

Aplikasi - Aplikasi Pendukung Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

    

    


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Purwodadi

location icon 1 Jalan MH. Thamrin No. 9 Purwodadi 58111

location icon Grobogan - Jawa Tengah

phone icon Telp: 0292-421073, 423218

Fax icon Fax: 0292-423203

Communication email blue icon Email : pa_purwodadi@yahoo.co.id

Peta Lokasi