• Headerku
  • Headerku2
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Purwodadi | Media Informasi dan Transparansi Peradilan # Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Pengadilan Agama Purwodadi Kelas 1A Mengucapkan '' Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqobbal Ya Karim Mohon Maaf Lahir dan Batin"

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H

Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Pengadilan Agama Purwodadi Kelas 1A Mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqobbal Ya Karim. Mohon Maaf Lahir dan Batin."
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H

PENGADILAN AGAMA PURWODADI MENGUCAPKAN

Selamat kepada 𝐘𝐚𝐧𝐠 𝐌𝐮𝐥𝐢𝐚 𝐃𝐫. 𝐇. 𝐌𝐮𝐡𝐚𝐦𝐦𝐚𝐝 𝐒𝐲𝐚𝐫𝐢𝐟𝐮𝐝𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐇., 𝐌𝐇. 𝐲𝐚𝐧𝐠 telah dilantik sebagai 𝐊𝐞𝐭𝐮𝐚 𝐌𝐚𝐡𝐤𝐚𝐦𝐚𝐡 𝐀𝐠𝐮𝐧𝐠 𝐑𝐈 𝐩𝐞𝐫𝐢𝐨𝐝𝐞 𝟐𝟎𝟐𝟎 - 𝟐𝟎𝟐𝟓
PENGADILAN AGAMA PURWODADI MENGUCAPKAN

Gugatan / Permohonan Mandiri

Untuk Menunjang Pelayanan yang Transparan, Mudah, Cepat, dan Modern, Pengadilan Agama Purwodadi menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan Mandiri.
Gugatan / Permohonan Mandiri

SURVEI PELAYANAN PUBLIK DAN PERSEPSI KORUPSI

Kami sampaikan dengan hormat, kepada bapak/ibu/sdr. Bantu Kami untuk mengisi formulir pertanyaan indeks persepsi korupsi.
SURVEI PELAYANAN PUBLIK DAN PERSEPSI KORUPSI

KUISIONER SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Kami sampaikan dengan hormat, bahwa pada kesempatan ini bapak/ibu/sdr. Bantu Kami untuk mengisi formulir pertanyaan indeks kepuasan masyarakat
KUISIONER SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

E-TaRa

Bentuk Layanan dari Pengadilan Agama Purwodadi Kelas IA untuk Cek dan Validasi Data Akta Cerai
E-TaRa

SimpangLima

Melalui aplikasi ini sekarang anda bisa mendapatkan informasi perkara meliputi Riwayat Perkara, Keuangan Perkara, Agenda sidang, Info Akta Cerai dan Mengambil Antrian Persidangan secara ONLINE
SimpangLima

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara
  • Jadwal Sidang
  • Biaya Perkara
  • Delegasi
  • Siwas
  • E Court

AnalysisTelusuri serta awasi jalannya proses penyelesaian perkara anda 

Drs. Abd. Rozaq, MH “jauhi gratifikasi serta laksanakan 3S dan 5R” (15/10/2019)

         Pengadilan Agama Purwodadi pada hari Selasa tanggal 15 Oktober 2019 telah mengadakan rapat koordinasi peningkatan kinerja peradilan dan sosialisasi peraturan yang dihadiri oleh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Tenaga Honor yang bertempat di Aula dan kemudian diadakan pembinaan oleh Ketua Pengadilan Agama Purwodadi Drs. Abd. Rozaq, MH. yang menekankan kepada kebersihan, disiplin, cuti dan jauhi gratifikasi serta laksanakan 3S dan 5R.

IMG 9638

          Dalam rapat koordinasi telah disepakati untuk meningkatkan kedisiplinan kinerja, baik pengisian absensi daftar hadir dan daftar absensi pulang sebagaimana diatur sanksinya dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 tentang Disiplin Pegawai. Disisi lain dalam rangka meningkatkan kebersihan kantor tidak boleh mengandalkan tenaga kebersihan akan tetapi harus memulai dari diri kita sendiri untuk bersikap bersih dan akhirnya berdampak pada lingkungan yang bersih pula, sehingga para pencari keadilan akan memandang akan nyaman dan menilai positif terhadap peradilan.

IMG 9639

        Dalam kesempatan yang sama ditekankan pula kepada seluruh Hakim dan pegawai Pengadilan Agama Purwodadi untuk mempunyai alat komunikasi yang ada WhatsApp sebagai sarana komunikasi antar aparatur di Peradilan untuk mengetahui perkembangan informasi, permasalahan dan solusi yang berdasarkan peraturan karena kerja itu tidak semacam robot yang menunggu pekerjaan karena ada perintah.

          Sedangkan Ketua Pengadilan Agama Purwodadi dalam pembinaanya menyebutkan bahwa tentang Cuti bagi Hakim dan Aparatur berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 13 Tahun 2019 jo Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor : 4732/DJA/KP.05.2/X/2019 tanggal 9 Oktober 2019 perihal Pedoman Pelaksanaan Cuti bagi Hakim dan Aparatur di Lingkungan Peradilan Agama bahwa kewenangan Ketua Pengadilan Agama Purwodadi hanyalah kepada aparatur sedangkan bagi hakim adalah kewenangan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Khusus cuti ke luar negeri merupakan kewenangan Sekretaris Mahkamah Agung dan diajukan minimal 1 bulan sebelum pelaksanaan ke luar negeri.

IMG 9642

            Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi nilai SIPP harus ditingkatkan maka kepada Hakim, Panitera Pengganti dan Jurusita Pengganti harus mengupload hasil pekerjaannya. Khusus Jurusita Pengganti agar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku sedangkan untuk arsip digital agar dijadwalkan pelaksanaannya karena masih banyak perkara yang belum di upload maka kerjasama semua pihak agar selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama.

            Selanjutnya tentang Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 17 Tahun 2019 tentang Himbauan Pembuatan Audio Peringatan Perilaku anti Gratifikasi agar segera dibuatkan Audionya sedangkan konsep tulisan gratifikasi dipasang serta sebelum sidang majelis Hakim membacakannya dan kepada seluruh hakim dan karyawan Pengadilan Agama Purwodadi diharapkan jauhi gratifikasi dan tidak menerima apapun pemberian dari pihak manapun walau serupiah.

Ketua Pengadilan Agama Purwodadi mengingatkan kembali untuk melaksanakan Budaya 3S (Senyum,  Senyum dan Sapa)

  1. SENYUM,  adalah ekspresi bibir yang menunjukkan rasa senang,  gembira, suka.
  2. SALAM, adalah menyatakan hormat kepada orang lain. 
  3. SAPA,  adalah perkataan untuk menyapa dan mengajak orang lain bercakap-cakap

dan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) terdiri dari:

  1. Ringkas,merupakan kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan sehingga segala barang yang ada di lokasi kerja hanya barang yang benar-benar dibutuhkan dalam aktivitas kerja
  2. Rapi,berarti menyimpan barang yang tepat ataudalam tata letak yang benar sehingga dapat dipergunakan dalam keadaanmendadak. Ini merupakan cara untuk menghilangkan prosespencarian. Hal ini dirancang untuk membantu dalam menemukan segala sesuatu yang diperlukan tanpa kehilangan banyak waktu untuk mencari dan membongkar;
  3. Resikmerupakan kegiatan membersihkan peralatan dan daerah kerja sehingga segala peralatan kerja tetap terjaga dalam kondisi yang baik.Secara konkrit, langkah ini berupa membuang sampah,kotoran dan benda-benda asing serta membersihkan segala sesuatu. Meskipunlangkah ini sederhana, namun menjadi sangat penting, terutama ketika kotoran dilingkungan kerja justru pada akhirnya menjadi sumber kesalahan kerja;
  4. Rawat,berarti pemantapan terus-menerus dan secara berulang-ulang memelihara tiga prinsip sebelumnya yaitu: ringkas/pemilahan, rapi/penataan, dan resik/pembersihannya. Dengan demikian,langkah ini merupakan upaya untuk memelihara langkah-langkah yang sudah dilakukan sebelumnya.
  5. Rajin,berarti pelatihan dan kemampuan untuk pembiasaan melakukan apa yang ingin dilakukan meskipun itu sulit dilakukan. Dalam hal ini perlu ditanamkan semangat untuk melakukan sesuatu dengan cara yang benar. Penekanannya adalah dengan menciptakan kebiasaan dan perilaku yang baik, yaitu dengan mengajarkan kepada setiap orang sebagai anggota organisasi untuk melaksanakan dan mematuhi peraturan. Langkah kelima ini merupakan langkah pendukung langkah pemantapan. Aturan-aturan perlu dibuat dalam upaya pemeliharaan.

(aman)

Aplikasi - Aplikasi Pendukung Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

    

    


  • E Court
  • ZI

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Purwodadi

location icon 1 Jalan MH. Thamrin No. 9 Purwodadi 58111

location icon Grobogan - Jawa Tengah

phone icon Telp: 0292-421073, 423218

Fax icon Fax: 0292-423203

Communication email blue icon Email : pa_purwodadi@yahoo.co.id

Peta Lokasi