Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Purwodadi | Media Informasi dan Transparansi Peradilan # Kegembiraan telah datang dengan hari kelahiran sang penunjuk jalan yang lurus | Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W. 12 Rabiul Awal 1440 H.

AnalysisTelusuri serta awasi jalannya proses penyelesaian perkara anda 

Mengharap Calon Hakim yang Berkualitas dan Berintegritas

 

       Pasca menerima 12 calon hakim yang akan menjalani proses magang di Pengadilan Agama (PA) Purwodadi hingga akhir 2019, PA Purwodadi melalui tutor dan mentor berusaha memberikan  pembinaan yang terbaik kepada seluruh calon hakim. Mentee (sebutan calon hakim yang sedang menjalani proses magang) tidak hanya sekedar dibiarkan melakukan observasi terhadap administrasi Pengadilan, melainkan langsung terjun menjadi administrator baik di Kesekretariatan maupun di Kepaniteraan. Mereka juga giat melakukan diskusi terkait teori, ketentuan, maupun dasar hukum pelaksanaan administrasi peradilan di PA Purwodadi baik di kantor maupun di tempat lain. Bahkan, disela-sela kesibukannya, para mentee juga mengikuti Pengajian Padang Ati dan pengajian lain yang ada di PA Purwodadi.

       Mentee diharapkan dapat menguasai seluk-beluk pengadilan dan memiliki pengetahuan yang matang karena setiap hari diberi tugas untuk melaporkan kegiatan dalam bentuk laporan harian. Selain itu, setiap minggunya kegiatan tersebut akan direkapitulasikan, dipresentasikan dan didiskusikan bersama dengan para mentor, yakni Drs. H. Sudjadi, S.H., M.H., Drs. H. Abdul Ghofur, S.H., M.H. dan Drs. H. Khabib Soleh, S.H., M.H.

      Jum’at  (19/10) lalu, para mentee mempresentasikan kegiatan mingguan/rekapitulasi mingguan dihadapan para mentor di Aula Pengadilan Agama Purwodadi. Dalam kegiatan ini, ada beberapa kegiatan dari para mentee yang selanjutnya menjadi bahan diskusi dan mendapatkan tanggapan serta masukan dari para mentor.

       Meskipun para hakim telah berupaya meningkatkan kualitas diri dengan mempelajari banyak hal, membaca maupun dengan cara-cara lain, namun hal itu tidak cukup. Menurut Drs. H. Sudjadi, S.H., M.H., mentee juga harus memiliki integritas yang baik. Bahkan, bila nilai integritas mentee dibawah 81, maka secara otomatis mentee tidak akan lulus dalam proses Pendidikan dan Pelatihan Cakim (PPC) ini.

       Tingginya nilai integritas yang disyaratkan oleh Pusdiklat ini tentunya bukan tanpa alasan. Jika kita merujuk pada berita-berita dan kasus-kasus pelanggaran yang dilakukan oleh hakim karena melanggar KEPPH, maka wajar jika ada nilai ambang batas integritas yang cukup tinggi. Bahkan, dalam wawancara Tempo dengan Suparman Marzuki, Ketua Komisi Yudisial periode 2013 - 2015,  Suparman Marzuki menyatakan bahwa dari sepuluh hakim mungkin hanya dua hakim yang memenuhi kriteria berkualitas dan berintegritas. 

       Sesuai Undang-undang Dasar 1945 bahwa hakim adalah seseorang yang berintegritas, jujur dan memiliki pengetahuan yang luas. Tentu para calon hakim yang tengah melakukan pendidikan, ini diharapkan akan menjadi cakim yang berkualitas dan berintegritas.

       Drs. Toha Mansyur, S.H., M.H. selaku Ketua PA Purwodadi dan tutor para mentee juga berharap agar para mentee dapat melaksanakan pendidikan dengan baik dan menjadi hakim yang berkualitas dan berintegritas. Semoga harapan mulia ini dapat terwujud. Aamiin!.  (A. Chintya)

Aplikasi - Aplikasi Pendukung Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

    

    


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Purwodadi

location icon 1 Jalan MH. Thamrin No. 9 Purwodadi 58111

location icon Grobogan - Jawa Tengah

phone icon Telp: 0292-421073, 423218

Fax icon Fax: 0292-423203

Communication email blue icon Email : pa_purwodadi@yahoo.co.id

Peta Lokasi