Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Purwodadi | Media Informasi dan Transparansi Peradilan # Kegembiraan telah datang dengan hari kelahiran sang penunjuk jalan yang lurus | Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W. 12 Rabiul Awal 1440 H.

AnalysisTelusuri serta awasi jalannya proses penyelesaian perkara anda 

Berkolaborasi Melalui Terangnya Hati Membawa Hikmah

BERKOLABORASI MELALUI TERANGNYA HATI MEMBAWA HIKMAH

di Mushalla “al Hikmah” Pengadilan Agama Purwodadi

Selasa 11 Juli 2017 bertepatan dengan 16 Syawwal  1438 H Pengajian Padang Ati PA Purwodadi mengadakan  Shilaturrahmi dan Halal bihalal karyawan dan karyawati PA Purwodadi di Mushalla “Al-Hikmah” PA Purwodadi. Acara ini nampak istimewa  karena juga dihadiri Ketua, Wakil Ketua dan jajaran Hakim dari Pengadilan Agama Blora.

Sekitar pukul 21.00 WIB acara dimulai, diawali Istighatsah yang dipimpin H. Dul Djawahir, S.Ag. purnabhakti pegawai PA Purwodadi, sedangkan sambutan mewakili  Anggota Pengajian disampaikan Drs. H. Toha Mansyur, SH. MH (Ketua PA Purwodadi). Ceramah pengajian disampaikan Ketua Pengadilan Agama Blora, Drs. H. Samarul Falah, SH.MH. (Ketua PA Blora) sekaligus sebagai promotor berdirinya pengajian Padang Ati, sedangkan do’a dipandu oleh Drs. H. Hamdani, SH,MH (Hakim PA Purwodadi).

 1

Dalam sambutannya, Drs.H. Toha Mansur, SH.MH menyampaikan bahwa “Padang Ati“ sebagai ujud nyata kegiatan menuju terangnya hati. Karena itu pengajian yang diawali dengan istighotsah  ini mempunyai  arti yang sangat penting bagi kita. Selain sebagai  wahana shilaturrahmi, thalabul ‘ilmi, juga menjadi wahana mengolah hati (rasa). Drs. H. Toha Mansyur juga menyingung perlu pembinaan santri pasca Ramadlan dalam pengajian Padang Ati ini, karena masih perlu ditindak lanjuti  sebagai tanggung jawab bersama untuk kemajuan mereka khususnya dan warga Pengadilan Agama Purwodadi pada umumnya.

Memang mulanya mereka merasa pusing kalau diajak ngaji, namun setelah diberikan arahan dan bimbingan  sekarang menjadi senang. Pengajian  padang ati ini diharapkan dapat sebagai folow up pembinaan warga pengadilan sampai merasa membutuhkan, dan merasa rugi, minimal kehilangan kesempatan kebaikan dan hikmah yang banyak bagi dirinya bila tidak hadir.

Hati yang  hudlur.

Dalam ceramahnya Ketua PA Blora yang  biasa dipanggil Pak Samarul mengatakan bahwa, untuk mengukur tinggi rendahnya minat melaksanakan ibadah ditentukan oleh kemampuan (kecerdasan) seseorang dalam meyakini pertemuan atau menghadirkan diri di hadapan Allah,katanya. Untuk itu perlukan dua  sisi kacamata dalam memahami makna pokok ibadah terutama Shalat sebagai  tolok ukur ibadah-ibadah lain, dan masuknya makanan-makanan yang halal ke dalam badan jasmaninya dari sisi kacamata lain. Dengan kacamata lahir dan batin tersebut diharapkan dapat tumbuh subur dalam diri seseorang untuk merasa butuh ibadah-ibadah yang diwajibkan ataupun yang disunnahkan sampai kepada menemui ajal(واعبد ربك حتى يأتيك اليقين).

 

 

3

Pak Samarul yakin bila kewajiban shalat tidak disangsikan lagi, namun  untuk merasakan nikmatnya shalat masih perlu banyak belajar dari pengalaman-pengalaman para ustadz/mursyid, maka bagi mereka yang sudah merasa butuh akan shalat  tidak lagi memikirkan syarat dan rukunnya lagi tapi sudah lebih meningkat kepada merasakan manisnya shalat. Bahkan konsentrasi dalam shalat  shahabat Ali ra. Tidak merasakan lagi panah yang tertancap yang dicabut dari badannya, sedangkan bagi kita masih mendengar tangisnya bayi ketika menunaikan shalat. Kekhusyu’an semacam tersebut tidak dirasakan bagi mereka yang merasa berat melaksanakannya. Hal inilah yang  dimaksud al-Qur’an surat  al-Baqarah (2) ayat : 45-46.

 

2 4

Untuk  menuju kepada Tuhan perlu ada bimbingan guru/ustadz/mursyid dalam melaksnakan peribadatan dan pendekatan-pendakatan. Untuk menjatuhkan pilihan ustadz/mursyidnya Ibnu Katsir ketika menafsirkan Surat al- Fathir ayat 28 memberikan 3 alternatif, yakni :

  1. (العالم بالله فقط),
  2. (العالم باحكام الله),
    1. (العالم بالله واحكام الله)yang mengerti terhadap Allah dan mengerti terhadap  hukum-hukum Allah, secara seimbang.Alim  terhadap hukum syariat sekaligus takut kalau melanggar aturan Allah ta’al, jadi pinter saja tidak pinter billah, bodo tidak apa tapi takut pada Allah.

Maka untuk memilih guru/ustadz harus pandai-pandai yang dapat mendekatakan hati kepada Allah.

Kehadiran rombongan PA Blora bukan hanya membawa hikmah bagi tambahnya semangat kawan-kawan di PA Purwodadi untuk nguri-uri pengajian Padang Ati, tetapi juga  membawa rizki yang cukup banyak berupa makan malam dan jajanan. Dra. Hj. Malihadza (Wakil Ketua  PA Blora) adalah host dari  pertemuan shilaturrahmi ini. Meski sudah mutasi ke Blora tetapi hatinya tetap di Purwodadi.

Inilah barangkali  salah satu hikmah Romadlan karena sebagaimana disampaikan Drs.  Toha Mansyur di antara tanda diterimanya puasa kita adalah  pada bulan Syawwal dan seterusnya orang semakin gemar beramal shalih. (Azz)

Aplikasi - Aplikasi Pendukung Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

    

    


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Purwodadi

location icon 1 Jalan MH. Thamrin No. 9 Purwodadi 58111

location icon Grobogan - Jawa Tengah

phone icon Telp: 0292-421073, 423218

Fax icon Fax: 0292-423203

Communication email blue icon Email : pa_purwodadi@yahoo.co.id

Peta Lokasi