Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Purwodadi | Media Informasi dan Transparansi Peradilan # Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri serta awasi jalannya proses penyelesaian perkara anda 

Balada Sang Pengawal Kebersihan

       Tubuhnya yang besar-gempal tidak menghalangi untuk bergerak lincah menjelajahi semua ruangan. Bahkan ketika belum seorang pun muncul di kantor, ia telah menyulap semua ruangan menjadi bersih mengkilap. Prinsip sedikit bicara banyak kerja benar-benar diaamalkan untuk aktifitas rutin ini.Seolah tak kenal lelah, disudut ruangan mana punia tak memberi ampun terhadap sampah. Tak terbayangkan kondisi kebersihan kantor PA Purwodadi yang setiap hari dikunjungi rata-rata 100 orang ini, tanpa dia.  “Sampah harus disikat habis, biar tidak mengganggu pemandangan dan menimbulkan penyakit”, katanya bersemangat.

        Dialah FAJAR YUSUF ASYHARI. Dari sekitar 60 pegawai Pengadilan Agama Purwodadi (termasuk para Hakim), hanya beberapa gelintir saja yang tahu nama asli sosok yang satu ini. Orang tahunya hanya “Saddam”, padahal “Saddam” hanya “paraban” yang diberikan oleh teman-teman kantor guna mengenang Saddam Husein, Presiden Irak yang digulingkan secara sewenang-wenang oleh pasukan Amerika di era pemerintahan Presiden George W Bush Sr.

Fajar “Saddam” Yusuf  Asyhari dilahirkan di Grobogan pada tahun1970 dari keluarga petani. Lingkungan desa yang “gersang” dari suasana relijius menjadikan Saddam sebagai sosok awam di bidang agama seperti umumnya orang sekitarnya. Namun Sadam tidak berlama-lama larut dalam suasana. Hatinya yang selalu  gelisah menjadikannya untuk lebih berfikir tentang apa makna kehidupan. Ia pun mula bertanya apa tujuan hidup ini ? Pertanyaan berat tetapi Sadam dapat menjawabnya, bahwa hidup  adalah untuk beribadah dan memberi manfaat kepada lainnya. Keprihatinan  terhadap anak-anak di sekitarnya yang tidak  tersentuh pendidikan agama menjadi awaldari perhatian Sadam untuk berbuat sesuatu. Tanpa pikir panjang, dan dengan segala keterbatasannya, Sadam pun mengkordinir anak-anak ke dalam TPA. Musholla yang lama tak terurus dijadikan basis kegiatan tersebut hingga akhirnya Mushalla itu “hidup” kembali. Sadampun harus pontang-panting mencari dana untuk menghidupi Musholla dan kegiatannya, bahkan tak jarang harus meminjam uang koperasi di PA. Sayangnya warga sekitar tidak peduli dengan kondisi mushalla meskipun secara ekonomi mereka boleh dibilang berada.

       Sebagai sosok pengawal kebersihan di Pengadilan Agama Purwodadi dengan kesibukannya yang luar biasa, Saddam sangat piawai membagi  waktu terutama waktu shalat, boleh dibilangia selalu menghadang datangnya  waktu shalat. Bahkan karena hati-hati agar pakaian tetap suci, Saddam menjadi satu-satunya makmum di mushalla kantor yang sering mengenakan sarung. Tidak hanya  itu, dalam aktifitas bekerja  ia selalu melantunkanshalawat Nabi Muhmamad SAW. Maklum ia termasuk “Syecher Mania”, panggilan bagi penggemar HabibSyech yang lantunan shalawatnya digandrungi kalangan muda Indonesia bahkan manca negara. Kepada penulis Saddam berkali-kali mengutarakan keinginannya untuk bias menghadirkan HabibSyech sang idolanya itu di kampungnya. “Sayangnya saya belum mempunyai biaya untuk itu, doakan ya pak”, kata Saddam memelas.

        Menjadi tenaga honorer di PA Purwodadi dengan rutinitas mengawal kebersihan kantor sejak 5 tahun yang lalu, Saddam benar-benar menjadi  andalan dan sosok yang patut diteladani. Kecekatan bekerja, keramahan dalam melayani para pencari keadilan, dan kesopanannya dalam  berhubungan dengan pegawai/karyawan PA Purwodadi menjadi ciri khas dari pria dua anak ini. Meskipun honornya minim, ia nampak enjoy bekerja di lingkungan PA. Masuk kantor paling awal, dan tidak jarang pulang paling akhir telah dilakoninya bertahun-tahun. Bahkan, disaat rutinitas melelahkan tersebut, ia harus melayani para pencari keadilan mengambil antrian sebelum pelaksanaan sidang. 

       Dibalik ketekunannya, ternyata Saddam memiliki filosofi hidup yang patut diacungi jempol. Kepada reporter Website PA Purwodadi yang mewawancarainya, Saddam hanya mengatakan “orang hidup tidak boleh diam, kecuali sedang berdzikir”. Kalimat yang singkat tetapi sarat dengan makna, dan Saddam telah membuktiannya. Barangkali ini juga yang menyebabkan pimpinan PA memberi tugas tambahan kepada Saddam, yaknimenjaga pelaksanaan sidang dan menjadi kurir mediasi. Toh semua itu dapat dilaksanakan Saddam dengan baik. Sebaliknya, jangan ditanya kalau dia sedang berdzikir, dia mematung tak bergerak bagai mummi yang tak peduli dengan lingkungannya. (AZ)

Aplikasi - Aplikasi Pendukung Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

    

    


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Purwodadi

location icon 1 Jalan MH. Thamrin No. 9 Purwodadi 58111

location icon Grobogan - Jawa Tengah

phone icon Telp: 0292-421073, 423218

Fax icon Fax: 0292-423203

Communication email blue icon Email : pa_purwodadi@yahoo.co.id

Peta Lokasi