gedungpa

Pengadilan Agama Purwodadi terletak diwilayah Kabupaten Grobogan :

1).    Keadaan Alam

Kabupaten Grobogan memiliki relief  Daerah Pegunungan Kapur dan Perbukitan serta dataran dibagian tengahnya, secara topografi terbagi kedalam 3 kelompok yaitu :

                           1.      Daerah dataran rendah berada pada ketinggian sampai 50 meter di atas permukaan air laut dengan kelerengan antara 0 – 8 % meliputi 6 Kecamatan yaitu Kecamatan Gubug, Tegowanu, Godong, Purwodadi, Grobogan sebelah selatan dan Wirosari sebelah selatan.

                               2.      Daerah perbukitan berada pada ketinggian antara 50 – 100 meter di atas permukaan air laut dengan kelerengan 8 – 15 % meliputi 5 Kecamatan yaitu Klambu, Brati, Grobogan sebelah utara dan wirosari sebelah utara.

                               3.     Daerah dataran tinggi berada pada ketinggian 100 – 500 M di atas permukaan air laut dengan kelerengan lebih dari 15 % meliputi wilayah Kecamatan yang berada di sebelah selatan dari wilayah Kabupaten Grobogan.

Berdasarkan letak geografis dan reliefnya, Kabupaten Grobogan merupakan Kabupaten yang tiang penyangga perekonomiannya berada pada sektor pertanian dan merupakan daerah yang cenderung cukup sulit mendapatkan air bersih.

2).    Iklim

Iklim di Kabupaten Grobogan terletak di antara Daerah Pantai Utara bagian timur dan Daerah Bengawan Solo hulu mempunyai tipe iklim D yang bersifat 1 s/d 6 bulan kering dan 1 s/d 6 bulan basah dengan suhu minimum 20°C.

Lokasi dan luas wilayah

Kabupaten Grobogan apabila dilihat dari peta Jawa Tengah terletak di antara dua Pegunungan Kendeng yang membujur dari arah barat ke timur, berada ditimur dan berbatasan dengan :

    • Sebelah barat      : Kabupaten Semarang dan Kabupaten Demak.
    • Sebelah utara      : Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati dan Kabupaten Blora.
    • Sebelah Timur    : Kabupaten Blora.
    • Sebelah selatan   : Kab. Ngawi, Kab. Sragen, Kab. Boyolali dan Kabupaten Semarang.

Ditinjau secara letak geografis, wilayah Kabupaten Grobogan terletak diantara 110°15’BT - 111° 25’ BT dan 7° LS - 7° 30’ LS.

Secara administratif Kabupaten Grobogan terdiri dari 19 Kecamatan dan 280 Desa / Kelurahan dengan Ibukota berada di Purwodadi.

Kabupaten Grobogan mempunyai luas 1.975,86 Km² dan merupakan Kabupaten terluas nomor 2 di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap, jarak dari utara ke selatan ± 37 Km dan jarak dari barat ke timur  ± 83 Km.

Jarak Ibukota Kabupaten ke beberapa kota sekitarnya adalah sebagai berikut :

§  Purwodadi ke Semarang ± 64 Km

§  Purwodadi ke Demak ± 39 Km

§  Purwodadi ke Pati 45 KM

§  Purwodadi ke Pati ± 45 KM

§  Purwodadi ke Blora ± 64 Km

§  Purwodadi ke  Sragen ± 64 Km

§  Purwodadi ke Surakarta ± 64 Km