aco pa

  • Headerku
  • Headerku2
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Purwodadi | Media Informasi dan Transparansi Peradilan # Pengadilan Agama Purwodadi Siap Membangun ZONA INTEGRITAS (Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)) # JANGAN RUSAK INTEGRITAS KAMI DENGAN MEMBERI IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN KEPADA PEGAWAI PENGADILAN AGAMA PURWODADI # Kami Berkomitmen Untuk Mewujudkan Birokrasi yang Bersih, Melayani dan Bebas Korupsi

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H

Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Pengadilan Agama Purwodadi Kelas 1A Mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqobbal Ya Karim. Mohon Maaf Lahir dan Batin."
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H

Gugatan / Permohonan Mandiri

Untuk Menunjang Pelayanan yang Transparan, Mudah, Cepat, dan Modern, Pengadilan Agama Purwodadi menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan Mandiri.
Gugatan / Permohonan Mandiri

SURVEI PELAYANAN PUBLIK DAN PERSEPSI KORUPSI

Kami sampaikan dengan hormat, kepada bapak/ibu/sdr. Bantu Kami untuk mengisi formulir pertanyaan indeks persepsi korupsi.
SURVEI PELAYANAN PUBLIK DAN PERSEPSI KORUPSI

KUISIONER SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Kami sampaikan dengan hormat, bahwa pada kesempatan ini bapak/ibu/sdr. Bantu Kami untuk mengisi formulir pertanyaan indeks kepuasan masyarakat
KUISIONER SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

E-TaRa

Bentuk Layanan dari Pengadilan Agama Purwodadi Kelas IA untuk Cek dan Validasi Data Akta Cerai
E-TaRa

SimpangLima

Melalui aplikasi ini sekarang anda bisa mendapatkan informasi perkara meliputi Riwayat Perkara, Keuangan Perkara, Agenda sidang, Info Akta Cerai dan Mengambil Antrian Persidangan secara ONLINE
SimpangLima

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara
  • Jadwal Sidang
  • Biaya Perkara
  • Delegasi
  • Siwas
  • E Court

ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA PURWODADI KELAS IA

MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI (WBBM)


  • ZI AREA 1

    MANAJEMEN PERUBAHAN

  • ZI AREA 2

    PENATAAN TATA LAKSANA

  • ZI AREA 3

    PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

  • ZI AREA 4

    PENGUATAN AKUNTABILITAS

  • ZI AREA 5

    PENGUATAN PENGAWASAN

  • ZI AREA 6

     

    PELAYANAN PUBLIK

cspa

AnalysisTelusuri serta awasi jalannya proses penyelesaian perkara anda 

G A L L E R Y

 

  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.17.36
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.52-1
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.54
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.50
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.55.53
  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.12.28
  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.12.26
  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.12.27
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.52
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.53
  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.17.35
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.49
  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.12.25
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.51

V I D E O

Siwas di Pengadilan Agama Purwodadi

Hari Selasa tanggal  29 Nopember 2016 pukul 13.34 wib bertempat Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Purwodadi diselenggarakan sosialisasi dan mentoring SIWAS MA-RI. Sosialisasi diikuti oleh para Hakim, Pejabat struktural maupun fungsional serta seluruh pegawai dilingkungan Pengadilan Agama Purwodadi. Acara dilanjutkan dengan rapat dinas dan rapat secara terbatas istbat terpadu yang diikuti oleh ketua, wakil ketua, Panitera 4 orang hakim Tunggal, dan yang mewakili Panitera Pengganti/ panitera muda hukum di ruang ketua Pengdilan Agama Purwodadi.

“Siwas” MA-RI dipublikasikan kemasyarakat pada tanggal 29 September 2016 adalah Sistem Pengawasan yang dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI. Yang mana pengaduan tersebut bersifat terbuka baik bagi internal maupun publik. Pengaduan ini dapat dilakukan dengan dua cara; prosedure langsung pada meja pengaduan di pengadilan yang bersangkutan dan secara mandiri online.

Hari Selasa tanggal  29 Nopember 2016 pukul 13.34 wib bertempat Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Purwodadi diselenggarakan sosialisasi dan mentoring SIWAS MA-RI. Sosialisasi diikuti oleh para Hakim, Pejabat struktural maupun fungsional serta seluruh pegawai dilingkungan Pengadilan Agama Purwodadi. Acara dilanjutkan dengan rapat dinas dan rapat secara terbatas istbat terpadu yang diikuti oleh ketua, wakil ketua, Panitera 4 orang hakim Tunggal, dan yang mewakili Panitera Pengganti/ panitera muda hukum di ruang ketua Pengadilan Agama Purwodadi.

index33

“Siwas” MA-RI dipublikasikan kemasyarakat pada tanggal 29 September 2016 adalah Sistem Pengawasan yang dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI. Yang mana pengaduan tersebut bersifat terbuka baik bagi internal maupun publik. Pengaduan ini dapat dilakukan dengan dua cara; prosedure langsung pada meja pengaduan di pengadilan yang bersangkutan dan secara mandiri online.

Pengaduan secara mandiri ini dapat melalui : sms, email, ataupun telepon dilakukan melalui aplikasi Siwas tersebut ditujukan bagi yang memiliki informasi dan ingin melaporkan sesuatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik RI atau Peradilan di bawahnya. Dasar hukum Siwas ini mengacu kepada " PERMA No. 9 Tahun 2016" tentang pedoman penanganan pengaduan di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya. Kini menuju aplikasi Siwas online : http://siwas.mahkamahagung.go.id

presentasi

Siwas ini adalah salah satu dari Area RB yaitu Area ke 7 Pengawasan, dengan adanya RB ini semua yang dilakukan sudah terbingkai dalam RB, karenanya perlu penataan organisasi (Area ke3 RB). Meskipun sistem pengawasannya sudah bagus tanpa diimbangi dengan SDM (Sumber Daya Manusia)-nya yang bagus menurut keahlian masing-masing, maka tidak ada hasilnya. Oleh karena itu sumberdaya tersebut harus samakin ditingkatkan, mulai dengan merubah manset lebih dahulu menuju yang lebih baik, agar masyarakat lebih dapat percaya. Sehingga dengan dibuka informasi pengawasan seluas-luasnya tersebut akan diketahui masyarakat pada umumnya. Dan setiap orang dapat mengadu kepada mahkamah Agung lewat websit MA tanpa melalui birokrasi dibawahnya.

Dengan sistem ini diharapkan agar berhati-hati dalam bekerja, karena setiap orang akan lebih mudah diadukan meskipun barang yang diperbuat tidak diperhitungkan akibat yang ditimbulkan dari sebab pengaduan tersebut. Melalui kode-kode tertentu sepanjang ada koneksi internet, sebagai misalnya ; juru sita dapat diadukan melalui internet. Namun oleh karena tidak semua dapat mengakses, nanti di Pengadilan Agama Purwodadi akan dibentuk Team Meja Pengaduan. Pelapor dan terlapor akan diinput di aplikasi Siwas, mulai dari pimpinan sampai tenaga honorer. Karena itu bagi mereka yang akan mengadu harus dipikir kekondusifan kantor.

index67 index12

Dengan adanya data pendukung, foto, bukti tertulis, dan lain-lainnya sebagai instrumen kehati-hatian dan jauh dari penggunaan “aji mumpung” ada kesempatan. Seperti halnya tindakan yang tidak diperbolehkan adalah menerima tamu, bicara tidak boleh langsung tapi harus melalui berokrasi yang telah ditentukan, agar terhindar dari hal-hal yang demikian tersebut. Kalau memang terdapat tindakan-tindakan pegawai tersebut sudah tidak dapat ditolerir, dipersilahkan saja untuk mengajukan pengaduan.

Dengan adanya Laporan yang sudah masuk di meja pengaduan, tidak dapat dipending kecuali oleh Bawas sebagai filternya dan pengaduan dari luar tidak dapat dihadang, bahkan dapat juga laporan diajukan dari pegawai PA. yang lain, misalnya mendengar laporan dari kuasa hukumnya. Oleh karaena itu sebagai pelayan masyarakat harus mempunyai kesabaran dan ketabahan dalam melayani dengan baik tanpa ada embel-embel ucapan terimakasih dalam bentuk materi, karena tidak ada celah untuk itu. dan pencari keadilan tidak marah dan jengkel terhadap Pengadilan tetapi justru menjadikan mereka senang, tidak berlama-lama dalam menyelesaikan pekerjaan yang ditanganinya. Kekhususan aturan Perma no. 9 tahun 2016 pengganti dari KMA Nomor 076 tahun 2009, karena dalam KMA tersebut pengaduan itu tidak terselesaikan sehingga menjadi fitnah, atau tidak diselesaikan dengan baik.

Dengan merujuk pada PERMA Nomor 9 tahun 2016 tersebut, ada beberapa keistimewaan yang diberlakukan terhadap “Siwas” antara lain :

  1. Kesungguhan Mahkamah Agung (Badan Pengawasan) dalam mengimplementasikan sistem pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran,
  2. Kesadaran para aparatur peradilan,
  3. Dukungan dan peran serta masyarakat khususnya para pencari keadilan dalam mendukung proses peradilan yang jujur dan bersih. Tiga indikator tersebut akan menjadi tolok ukur berhasil tidaknya sistem pengawasan yang dilakukan, memang kelak waktu yang akan menjawabnya, apakah pembaharuan sistem pengawasan yang dilakukan Mahkamah Agung akan mampu menjadi obat penawar yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit kronis di lembaga peradilan atau hanya akan berjalan seperti apa adanya.

Dengan harapan bahwa pembaharuan sistem pengawasan ini akan menjadi prevention system bagi seluruh aparatur peradilan dari segala tindakan penyimpangan, karena tujuan akhir dari dibentuknya sistem pengawasan yang super ketat ini adalah terwujudnya lembaga peradilan yang bersih dan berwibawa.(Nasi)

smspwd

INDEKS HASIL SURVEY


  • E Court
  • ZI
  • Gratifikasi1
  • Gratifikasi2

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Purwodadi

location icon 1 Jalan MH. Thamrin No. 9 Purwodadi 58111

location icon Grobogan - Jawa Tengah

phone icon Telp: 0292-421073, 423218

Fax icon Fax: 0292-423203

Communication email blue icon Email : pa_purwodadi@yahoo.co.id

Peta Lokasi