aco pa

  • Headerku
  • Headerku2
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Purwodadi | Media Informasi dan Transparansi Peradilan # Pengadilan Agama Purwodadi Siap Membangun ZONA INTEGRITAS (Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)) # JANGAN RUSAK INTEGRITAS KAMI DENGAN MEMBERI IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN KEPADA PEGAWAI PENGADILAN AGAMA PURWODADI # Kami Berkomitmen Untuk Mewujudkan Birokrasi yang Bersih, Melayani dan Bebas Korupsi

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H

Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Pengadilan Agama Purwodadi Kelas 1A Mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqobbal Ya Karim. Mohon Maaf Lahir dan Batin."
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H

Gugatan / Permohonan Mandiri

Untuk Menunjang Pelayanan yang Transparan, Mudah, Cepat, dan Modern, Pengadilan Agama Purwodadi menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan Mandiri.
Gugatan / Permohonan Mandiri

SURVEI PELAYANAN PUBLIK DAN PERSEPSI KORUPSI

Kami sampaikan dengan hormat, kepada bapak/ibu/sdr. Bantu Kami untuk mengisi formulir pertanyaan indeks persepsi korupsi.
SURVEI PELAYANAN PUBLIK DAN PERSEPSI KORUPSI

KUISIONER SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Kami sampaikan dengan hormat, bahwa pada kesempatan ini bapak/ibu/sdr. Bantu Kami untuk mengisi formulir pertanyaan indeks kepuasan masyarakat
KUISIONER SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

E-TaRa

Bentuk Layanan dari Pengadilan Agama Purwodadi Kelas IA untuk Cek dan Validasi Data Akta Cerai
E-TaRa

SimpangLima

Melalui aplikasi ini sekarang anda bisa mendapatkan informasi perkara meliputi Riwayat Perkara, Keuangan Perkara, Agenda sidang, Info Akta Cerai dan Mengambil Antrian Persidangan secara ONLINE
SimpangLima

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara
  • Jadwal Sidang
  • Biaya Perkara
  • Delegasi
  • Siwas
  • E Court

ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA PURWODADI KELAS IA

MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI (WBBM)


  • ZI AREA 1

    MANAJEMEN PERUBAHAN

  • ZI AREA 2

    PENATAAN TATA LAKSANA

  • ZI AREA 3

    PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

  • ZI AREA 4

    PENGUATAN AKUNTABILITAS

  • ZI AREA 5

    PENGUATAN PENGAWASAN

  • ZI AREA 6

     

    PELAYANAN PUBLIK

cspa

AnalysisTelusuri serta awasi jalannya proses penyelesaian perkara anda 

G A L L E R Y

 

  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.12.25
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.49
  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.12.27
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.54
  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.17.36
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.53
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.51
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.52-1
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.50
  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.17.35
  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.12.26
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.54.52
  • WhatsApp Image 2020-06-22 at 11.12.28
  • WhatsApp-Image-2020-06-16-at-09.55.53

V I D E O

Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah oleh Pengadilan Agama Purwodadi Kelas IA Di Pendopo

Hari ini tanggal 15 Desember 2016 adalah hari dimana Pengadilan Agama Purwodadi, Dispendukcapil Purwodadi, dan Kemenag Purwodadi melaksanakan kegiatan berupa Pelayanan Terpadu Itsbat nikah yang diadakan di Pendopo Kabupaten Grobogan.

itsbat

“Itsbat nikah” adalah pengesahan nikah seorang laki-laki dan perempuan muslim yang pernikahannya telah dilaksanakan dan memenuhi sarat, rukun perkawinan namun tidak dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA).

Hari ini tanggal 15 Desember 2016 adalah hari dimana Pengadilan Agama, Dispendukcapil Purwodadi, dan Kemenag Purwodadi melaksanakan kegiatan berupa Pelayanan Terpadu Itsbat nikah yang diadakan di Pendopo Kabupaten Grobogan.

itsbat

“Itsbat nikah” adalah pengesahan nikah seorang laki-laki dan perempuan muslim yang pernikahannya telah dilaksanakan dan memenuhi sarat, rukun perkawinan namun tidak dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA).

IMG 7140

Kabag Hukum dan HAM (H. Moch. Fachrudin, SH) yang diberi kesempatan pertama untuk menyampaikan sambutan, memberikan laporan mengenai dasar hukum dilaksanakannya istbat nikah tersebut yang antara lain menyebutkan Undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah Dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran.

IMG 7133

Beliau juga menambahkan Dari 38 pendaftar yang masuk di kantor Pengadilan Agama Purwodadi, Hanya 33 pasang yang lolos verifikasi administrasi (dari 60 pasangan yang dianggarkan di APBDP Tahun 2016). dari berbagai penjuru kecamatan di Kabupaten Purwodadi sebagai peserta Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah hari ini, untuk mendapatkan Penerbitan Buku Nikah, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.

IMG 7125

Istilah Pelayanan Terpadu karena setelah dilakukan sidang itsbat nikah oleh Hakim Tunggal, selanjutnya penetapan tersebut langsung mempunyai kekuatan hukum tetap dan data tersebut terakses secara online ke Kemenag (dalam hal ini KUA) untuk dibuatkan Buku Kutipan Akta Nikah, kemudian dari KUA terakses secara online ke Disdukcapil untuk dibuatkan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran bagi pasangan yang telah mempunyai anak.

IMG 7135

“Saya sangat memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih, khususnya kepada Bapak Bupati Purwodadi yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materiil demi terselenggaranya kegiatan ini. Ucapan terimakasih pula kami sampaikan kepada Ketua Pengadilan Agama Purwodadi, Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Purwodadi dan Kepala Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Purwodadi sebagai pelaksana dalam kegiatan hari ini, “ ungkap Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang  (Drs. H. Mansur Nasir, SH, MH).

Beliau menambahkan bahwa terdapat satu fenomena dalam masyarakat, yaitu masih banyak perkawinan yang tidak tercatat sehingga berakibat tidak dapat diterbitkannya akta kelahiran bagi anak yang lahir dari satu perkawinan yang orang tuanya tidak mempunyai akta perkawinan. Negara, melalui Pengadilan Agama Purwodadi, Pemerintah Kabupaten Grobogan dan Kementerian Agama Kabupaten Purwodadi, hadir pada saat masyarakat membutuhkan. Beliau berterima kasih atas terjalinya hubungan yang erat antara Kepada Pengadilan Agama Purwodadi dengan pemerintah daerah grobogan dan instansi lainya dan akhirnya sidang Itsbat Nikah terpadu dapat tercapainya penerbitan buku nikah dan akta kelahiran dapat berjalan dengan lancar dan sukses sehingga dapat tercapai pelayanan yang prima bagi masyarakat.

IMG 7137

Dalam sambutannya Bupati Hj. Sri Sumarni, SH.,MM menyampaikan hal yang melatarbelakangi terselenggaranya acara sidang itsbat terpadu adalah diterbitkanya PERMA No 1 tahun 2015 yaitu Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar'iyah dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah, dan Akta Kelahiran.

Salah satu dasar dalam perma tersebut adalah bahwa setiap orang berhak mendapatkan pengakuan hukum tanpa diskriminasi termasuk hak mernbentuk keluarga dan keturunan melalui perkawinan yang sah dan hak anak atas identitas diri yang dituangkan dalam akta kelahiran;

Tepat pukul 10.30 WIB acara pembukaan pelaksanaan Pelayanan Terpadu Sidang Itsbat Nikah, Penerbitan Buku Nikah, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga dimulai.

IMG 7226

Pelayanan Sidang Itsbat dilaksanakan oleh empat Hakim Tunggal masing-masing Dra. Hj. Malihadza, S.H. M.H , Dra. Hj. Dhohwah, M.Sy , Drs. Suraji, MH dan Drs. H. Nurul Aziz Shohibul Izzah, serta masing-masing dibantu oleh seorang Panitera Muda.

IMG 7151
IMG 7149 IMG 7201

pasangan pertama yang diitsbatkan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan produk pelayanan terpadu, yaitu Penetapan, Buku Nikah, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

smspwd

INDEKS HASIL SURVEY


  • E Court
  • ZI
  • Gratifikasi1
  • Gratifikasi2

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Purwodadi

location icon 1 Jalan MH. Thamrin No. 9 Purwodadi 58111

location icon Grobogan - Jawa Tengah

phone icon Telp: 0292-421073, 423218

Fax icon Fax: 0292-423203

Communication email blue icon Email : pa_purwodadi@yahoo.co.id

Peta Lokasi